Skip to main content

Bappenas Ikut Garap Proyek Energi Baru Terbarukan

JAKARTA - Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro dorong penggunaan energi terbarukan yang ramah lingkungan di pelosok daerah di Indonesia. Salah satunya penggunan olahan bambu untuk dijadikan energi terbarukan.

Bambang menjelaskan pemilihan bambu pada penggunaan untuk listrik dikarenakan energi terbarukan yang ramah lingkungan. Sehingga mengurangi penggunaan diesel yang biasanya dilakukan dalam mendapatkan listrik

"Nah dengan proyek energi terbarukan berbasis bambu itu pembangkit bio mess. Dimana bambu itu bahan yamg ramah lingkungan karena bambu itu tanaman yang mudah tumbuh. Bisa mencipatkan perhutanan sosial. Jadi bisa manfaatkan lahan tersebut," ujar Bambang di Jakarta, Selasa (8/5).

Dia mencontohkan bahwa di Pulai Mentawai sudah mulai menggunakan bambu dalam mendapatkan energi terbarukan untuk mengaliri listrik. Tentunya ini bisa diterapkan di pulau-pulau terpencil,

"Di pulai mentawai ini bisa menanam bambu maka bambu iu dijual ke pembangkit listrik sebagai energinya jadi pas jadi listrik bisa digunakan  masyarakat bio mess ini mendapatkan listrik suistanabel dan berkelanjutan ini contoh yang bisa digunakan untuk pulau-pulau terpencil," tandasnya.

Sumber : https://ekbis.sindonews.com/read/1304125/34/bappenas-ikut-garap-proyek-energi-baru-terbarukan-1525784856

Add new comment

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Lines and paragraphs break automatically.
  • Web page addresses and email addresses turn into links automatically.