Skip to main content

               Rumusan Visi dan Misi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi SulawesI Tenggara Tahun 2013 - 2018 berlandaskan pada tugas dan pokok fungsi yang telah ditetapkan serta mengacu kepada visi dan misi pembagunan daerah sebagaimana tertuang dalam Rencana Pembagunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Sulawesi Tenggara Tahun 2013-2018

 

Visi Bappeda Provinisi Sulawesi Tenggara untuk periode 2013-2018 adalah :

 

                                     "TERWUJUDNYA BAPPEDA SEBAGAI LEMBAGA PERENCANAAN YANG HANDAL

                                           MENUJU TERCAPAINYA SULAWESI TENGGARA SEJAHTERA, MANDIRI,

                                                                            DAN BERDAYA SAING 2013-2018"

 

Adapun makna dari visi organisasi sebagaimana diuraikan diatas,adalah sebagai berikut:

  • Kata Handal mengandung pengertian bahwa perencanaan pembangunan daerah yang dihasilkan oleh institusi Bappeda adalah perencanaan pembangunan yang tepat sasaran dan tepat waktu. Perumusan rencana dihasilkan melalui analisis fakta dan data yang dapat dipertangungjawabkan dan "up to date" serta dilakukan melalui pendekatan akademis. melibatkan berbagai pihak yang terkait dengan pembangunan (multi stakeholder) sehingga hasil perencanaan yang akan dilaksanakan benar-benar ditujukan untuk memenuhi kebutuhan pembangunan yang sifatnya prioritas dan benar-benar menjawab aspirasi dari semua pihak, dapat diakses oleh semua pihak sehingga dapat dipantau dengan mudah serta dapat dipertanggungjawabkan baik dari sisi penganggaran maupun pelaksanaannya.

 

  • Kata Mandiri mengandung makna tidak adanya ketergantungan pada orang lain. Mandiri juga mengandung makna sebagai bentuk pembelajaran untuk menuju proses pendeweasaan dalam berpikir.

 

  • Kata Berdaya Saing mengandung makna memiliki kemampuan, dan atau kekuatan, adalah suatu kemampuan berdasarkan potensi yang ada untuk bersaing.

 

             Untuk Mewujudkan Visi tersebut, maka terdapat 2 (dua) misi yang akan dilakukan Bappeda Prov. Sultra sebagai berikut :

 

            Misi I         : Mengembangkan Sistem Perencanaan Pembangunan yang Terpadu.

 

            Misi II        : Mengembangkan Sistem Perencanaan Spasial yang Efektif dan Efisien.