Skip to main content
Sambutan Kepala Bappeda Prov. Sultra dalam rangka kunjungan kerja ke Kantor Bappeda Prov. Sumut

BELAJAR PENGEMBANGAN APLIKASI e-PLANNIG DAN e-BUDGETING DI PROV SUMATERA UTARA

Senin pagi pukul tujuh waktu Indonesia Tengah, rombongan yang terdiri dari beberapa SKPD di Provinsi Sulawesi Tenggara berangkat dari Bandara HaluOleo dengan tujuan Kota Medan transit Bandara Makassar dan Jakarta. Pukul Lima Sore hari Waktu Indonesia Barat rombongan tersebut mendarat di Bandara Kualanamu, Polonia, Kota Medan. Cuaca baik menyambut kedatangan kami.

 

Tujuan dari kunjungan SKPD yang di pimpin langsung oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Sulawesi Tenggara Dr. H. Muh. Nasir Andi Baso.,MM adalah melakukan kunjungan kerja di kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Sumatera Utara, guna melakukan proses belajar mengenai Pengembangan Aplikasi e- Planning dan e- Budgeting yang jika di integrasikan dalam aplikasi di beri nama aplikasi e-Sumut. Pada portal aplikasi e-Sumut terdiri dari lima bagian yaitu e-Pokir (pokok pikiran), e-SSH, e-Musrenbang, e-Renja dan e-Monev. Kedatangan rombongan SKPD Prov Sultra di sambut langsung oleh kepala Bappeda Prov. Sumut Ir. H. Imran.,M.Si.

 

Saat ini, Sumatera Utara adalah Provinsi yang di rekomendasikan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk menjadi contoh bagi provinsi lainnya dalam hal pengembangan e-Planning dan e– Budgeting, dimana pihak Bappeda Prov. Sumut baru melaksanakan beberapa bagian dari program e-Sumut tersebut di antaranya e- Pokir. e-Pokir memuat pandangan dan pertimbangan dari hasil reses DPRD mengenai arah prioritas pembangunan serta rumusan usulan kebutuhan program kegiatan yang bersumber dari hasil penelahaan pokok pikiran DPRD tahun sebelumnya yang belum terbahas. Selain e-Pokir adalah e- SSH (Standar Satuan Harga), aplikasi pendukung untuk percepatan penyusunan dan kelengkapan database standarisasi harga yang meliputi Standar Satuan Harga (SSH), Analisa Standar Belanja ( ASB), Harga Satuan Pokok Kegiatan (HSPK). Data yang sudah dientry di aplikasi e-SSH akan langsung terintegrasi dengan aplikasi e-SUMUT Bappeda Prov. Sumut yang akan di gunakan pada penyusunan Renja, Renstra, RKPD, KUA-PPS dan aplikasi Musrenbang.

 

Dalam perkembangan kedepannya, Provinsi Sulawesi Tenggara akan terus berbenah dan berinovasi selayaknya Provinsi Sumatera Utara dalam hal penyediaan aplikasi terkait e- Planning dan e-Budgeting. Olehnya itu kunjungan yang dilakukan ke Provinsi Sumatera Utara di harapkan bisa menjadi input pengetahuan dan pengalaman baru bagi para SKPD terkait untuk segera melakukan hal yang sama. (Fera).

Add new comment

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Lines and paragraphs break automatically.
  • Web page addresses and email addresses turn into links automatically.