Skip to main content
Menhub Minta Pembangunan Kendari New Port Segera Dimulai

Menhub Minta Pembangunan Kendari New Port Segera Dimulai

KENDARI (BeritaTrans.com) – Salah satu proyek pembangunan infrastruktur transportasi di kota Kendari yang dikunjungi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama jajarannya pada kunjungan kerja di Sulawesi adalah pembangunan Pelabuhan Baru Kendari (Kendari New Port) di Bungkutoko, Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) yang tengah dilakukan Pelindo IV.

 

Keberadaan pelabuhan tersebut diharapkan dapat memaksimalkan kegiatan kepelabuhanan di kota Kendari, dimana pelabuhan yang saat ini ada yaitu Pelabuhan Nusantara Kendari, sudah tidak bisa dikembangkan lagi dan tidak mampu disandari kapal-kapal berukuran besar.

 

“Pembangunan Kendari New Port (KNP) diharapkan dapat segera dimulai dan bisa selesai pada tahun 2018,” kata Menhub, Sabtu (18/2/2017).

Untuk tahap awal, akan dibangun dermaga khusus petikemas di atas lahan lima hektar, dari lahan yang tersedia seluas 85 hektar. Dermaga tersebut nantinya bisa menampung petikemas sebanyak kurang lebih 250.000 TEUs per tahun

 

“Melalui Kendari New Port, kita harapkan kendari dapat menjadi pusat logistik tidak saja dalam negeri tapi juga internasional,” harapnya.

 

Untuk pembangunan KNP, Pelindo IV sudah menyiapkan total anggaran sebesar Rp.936 miliar. Rp.635 miliar berasal dari dana Penyertaan Modal Negara (PMN) dan dana internal perusahaan sebesar Rp.301 miliar. (omy)

http://beritatrans.com/2017/02/18/menhub-minta-pembangunan-kendari-new-port-segera-dimulai/

Add new comment

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Lines and paragraphs break automatically.
  • Web page addresses and email addresses turn into links automatically.