Skip to main content

MEMBANGUN KONSOLIDASI MENUJU PERCEPATAN INFORMASI KEBAPPEDAAN MELALUI TIM PENGELOLA INFORMASI DAN WEBSITE

Menyikapi dinamika informasi yang semakin berkembang saat ini menuntut tiap individu memiliki keinginan untuk memperoleh informasi yang akurat dan aktual serta terkini khususnya dalam hal informasi pembangunan daerah. Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara menangkap peluang kebutuhan tersebut, dengan membentuk Tim Pengelolaan Teknologi Informasi dan Website Badan Perencanaan Pembangunan Daerah tahun Anggaran 2017. Tim terbentuk berdasarkan SK Gubernur Sulawesi Tenggara dengan nomor 175 Tahun 2017.

 

Pertimbangan pembentukan Tim ini adalah bahwa pengelolaan teknologi informasi dan website pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara berperan sangat penting dalam rangka membangun efektifitas, efisiensi serta konsistensi dalam proses perencanaan pembangunan daerah sekaligus media dalam memberikan informasi yang berkaitan dengan kebijakan pembangunan daerah di Provinsi Sulawesi Tenggara secara Transparan.

 

Dasar hukum di bentuknya TIM Pengelola Website dan Informasi antara lain , Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2004 Nomor 104, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4421), Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan Infomasi Publik (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2018 Nomor 61, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4846), Peraturan Gubernur Sulawesi Tenggara Nomor 80 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Sulawesi Tengara dan sebagainya.

 

Tugas utama yang akan dilakukan oleh Tim Pengelola Informasi dan Website adalah melakukan koordinasi dengan instansi terkait dalam penginputan data Sultra Plan dan bertanggung jawab kepada Gubernur Sulawesi Tenggara melalui Kepala Bappeda Provinsi Sulawesi Tenggara dengan berpedoman pada peraturan perundang- undangan yang berlaku. Uraian tugas Tim Pengelola teknologi informasi dan website pada Bappeda Provinsi Sulawesi Tenggara (http://www.bappedasultra.go.id) dan aplikasi E-Planning (Sultra Plan), E-administrasi, Planning Bahteramas serta aplikasi lainnya. Penanggung jawab dalam hal ini Kepala Bappeda Provinsi Sulawesi Tenggara, DR.H. Muh. Nasir.A. Baso.,MM bertugas memberi arahan mengenai konten informasi yang terkait dengan kebijakan, program dan kegiatan strategis Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara yang akan di publikasikan.

 

Tim Pengelola terdiri atas Ketua yaitu Sekretaris Bappeda Provinsi Sulawesi Tenggara Ir. J. Robert.,MTP, Wakil Ketua (Hasrullah, S.STP.,M.Si), Sekretaris (Muh. Syukril, ST.,M.Sc), Anggota : La Ode Arsal, SE, Mustamin, SP, Rizky Amelia A, SE, Ferasari, S.Pi.,M.Si, Ahmad Syahrul Tawakal, SE, Mutiah Ilmi Derajat Haq, S.Kom, Alif Alfian R, S.STP, Ariyani, ST, Iswandi, S.Hut. Sedangkan tenaga Ahli berasal dari luar instansi Bappeda Prov. Sultra atas nama Sartika Sawedi, ST. Adapun uraian tugas Tim Pengelola adalah Mengkoordinasikan penyusunan rencana updating website, Monitoring dan evaluasi updating website, Menyampaikan laporan kepada penanggung jawab, Menyiapkan materi untuk pembaruan informasi website termasuk proses editing materi, Melakukan pembaruan infomasi secara berkala, Melakukan penginputan pada website maupun aplikasi lainnya baik yang di buat oleh Bappeda Prov. Sultra maupun yang terkoneksi langsung dengan pemerintah pusat, Melakukan instalasi, konfigurasi, merawat web hosting dan domain, memelihara keuntuhan dan keamanan data pada web server dan e-mail server, serta mengatur account dan password untuk keperluan admin dan user, agar website dan sistem aplikasi dapat berjalan dengan baik, Memelihara keamanan data dan mengelola database server agar aplikasi database dapat diakses setiap waktu oleh pengguna dan Melaksanakan tugas-tuas yang terkait lansung dengan pemanfaatan sistem teknoloi informasi dan website pada Bappeda Provinsi Sulawesi Tenggara ataupun yang terkoneksi langsung dengan Bappeda Prov. Sultra (Ferasari**).

Add new comment

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Lines and paragraphs break automatically.
  • Web page addresses and email addresses turn into links automatically.