Skip to main content
Dermaga Latawe di Muna Barat Diproyeksi Jadi Pelabuhan Kapal Cepat

Dermaga Latawe di Muna Barat Diproyeksi Jadi Pelabuhan Kapal Cepat

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna Barat (Mubar) terus meningkatkan infrastruktur pelayanan pada masyarakatnya. Setelah pengurusan izin penerbagan pesawat melalui Bandara Sugimanuru Kusambi Mubar dituntaskan, kini Pemkab melalui Dinas Perhubungan kembali menggagas peningkatan dermaga untuk menjadi pelabuhan kapal cepat.

Kadis Perhubungan Mubar, Laode Hanafi mengatakan, untuk meningkatkan arus transportasi antar kabupaten, maka sangat perlu dibangun pelabuhan. Misalnya pelabuhan kapal cepat yang akan menghubungkan Muna Barat-Kendari. “Sebuah perusahaan kapal cepat sudah bermohon ke Pemkab untuk membuka rute pelayaran angkutan laut dengan rute Muna Barat-Kendari. Menyikapi itu, kita proyeksi untuk penyiapan infrastrukturnya yakni dengan menambah bentangan Dermaga Rakyat di Latawe   sepanjang 150 meter. Sebelumnya hanya 100 meter saja,” jelasnya, kemarin.

Hanafi mengaku, anggaran yang disiapkan untuk itu melalui APBD sebesar Rp 900 juta.  Meskipun anggaran ini masih kurang dan harus ada penambahan,  namun pihaknya tetap bersikukuh agar dermaga tersebut sudah dapat digunakan sekitar bulan September mendatang. Idealnya yang lebih efektif panjang dermaga itu, sambung mantang Kadis Perhubungan Muna ini adalah sepanjang 500 meter agar kapal besar dengan bobot 30 GT sudah dapat sandar.

“Kita sudah sahuti dan buktinya kita akan menambah panjang dermaga.  Setelah ini langsung operasi karena dermaga tersebut sebelumnya sudah digunakan sebagai pelabuhan penumpang dengan menggunakan spead boad rute Lainea-Latawe.
Jadi bagi masyarakat Mubar, nantinya tidak harus ke Raha lagi untuk menyeberang kapal cepat tapi dari Pelabuhan Latawe sudah bisa sampai ke Kendari kurang lebih tiga jam,” pungkasnya. (b/yaf)

 

sumber : http://kendaripos.fajar.co.id/2017/06/05/dermaga-latawe-di-muna-barat-diproyeksi-jadi-pelabuhan-kapal-cepat/

Add new comment

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Lines and paragraphs break automatically.
  • Web page addresses and email addresses turn into links automatically.